Reader Comments

tuktuk siadong samosir

by Mr Paket Tour Medan (2019-09-13)


Bagi anda yang pernah berwisata ke Danau Toba hingga menyeberang ke Pulau Samosir, mungkin saja anda pernah mendengar atau mengunjungi sebuah kawasan bernama "Tuktuk Siadong". Lokasi ini sebetulnya persis berhadap-hadapan dengan Kota Parapat dan seolah-olah berseberangan pula dengan Tomok, padahal tidak demikian.

Peserta tour yang ikut dalam program paket wisata samosir tidak menyadari bahwa sebenarnya Tuktuk itu adalah tanjung di mana ada daratan yang menjorok ke tengah danau. Di Tanjung inilah banyak hotel berdiri mulai dari kelas non-bintang hingga bintang 4 setara Samosir Cottage dan Samosir Villa Resort yang merupakan idola para traveller berkelas.

Travel agent selaku tour operator yang mendesain paket tour samosir sebenarnya berkeinginan untuk meng-update jadwal perjalanan lain untuk variasi agar program tour yang selama ini ada memiliki inisiatif lain agar wisatawan yang sudah pernah datang ke Samosir kembali tertarik untuk datang mengunjungi destinasi lain atau destinasi baru yang belum pernah mereka kunjungi.

Sebetulnya Pulau Samosir sangat potensial dalam hal lokasi wisata, namun masih minimnya infrastruktur yang ada, jumlah destinasi wisata yang bisa diakses masih sangat terbatas. Selain itu, wisatawan yang tour ke pulau samosir masih memiliki banyak keluhan tentang masih rendahnya kualitas SDM yang ada di sana, terutama dalam hal customer service dan praktek-praktek pemanfaatan dengan mengambil kesempatan untuk mendapatkan uang dari para wisatawan secara tidak fair. Ini menjadi PR bagi Pemerintah baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten yang bersangkutan.