Reader Comments

velangkanni

by Mr Paket Tour Medan (2019-08-29)


Kota Medan kembali memiliki sesuatu yang baru. Sebuah gedung cantik dengan pewarnaan yang sempurna menggambarkan ornamen India yang menarik perhatian banyak orang. Orang awam selalu bertanya bangunan unik itu milik siapa dan untuk apa. Namun jika diperhatikan lebih seksama, di beberapa pucuk atap tertancap simbol salib sehingga kembali mengubah persepsi orang bahwa ini yang awalnya rumah ibadah umat hindu atau pusat kebudayaan India menjadi gereja milik umat Kristiani dari etnik India.

Yang benar adalah bahwa bangunan unik itu ternyata berfungsi sebagai gereja bagi umat Katolik keturunan Tamil India di Medan serta dikenal sebagai "Gereja Annai Velangkanni". Desain utama gereja itu terinspirasi dari arsitektur Indo-Mogul sekaligus gereja kedua berarsitektur serupa yang ada di India Selatan. Gereja tersebut dihadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan spiritual para umat Katolik keturunan India yang jumlahnya relatif banyak di Medan.

Menurut keterangan Mr. Raj, pimpinan gereja Annai Velangkanni bahwa di dunia ini hanya ada 2 Velangkanni yaitu 1 di India Selatan yang bentuknya lebih besar dan 1 lagi di Medan. Tidak ada patung dewa-dewi terpajang di sana, melainkan patung santo dengan berbagai ekspresi. Selain itu, deretan kursi-kursi panjang tertata rapi menggantikan suasana lesehan yang biasa terdapat dalam kuil.

Travel Agent Medan telah mendapatkan destinasi baru untuk wisatawan yang mengambil paket tour medan atau wisata rohani Kristen. Keadaan ini menjadi lebih baik karena respon pihak pengelola yang welcome dengan wisatawan. Jadi tidak mengherankan bila anda akan menemukan banyak turis di sana yang sedang dalam acara paket city tour medan atau sedang ikut wisata rohani Kristen. Suasana yang adem di tempat ini membuat banyak turis merasa nyaman berada di lokasi gereja Annai Velangkanni.

Selain gereja Velangkanni, wisatawan yang mengambil paket wisata medan sebagai bagian dari wisata rohani juga mengunjungi Gereja Kathedral di Jalan Pemuda Medan. Di area ini banyak sekali tempat yang disukai oleh turis, karena dekat dengan Pasar Ikan Lama tempat wisatawan menghabiskan program medan city tour mereka dengan berbelanja barang-barang berupa pakaian dan oleh-oleh yang benar-benar murah meriah. Bagi peminat wisata edukasi, tidak jauh dari Pasar Ikan Lama ada Rumah Chong Afie yang juga dikungjungi oleh wisatawan. Namun wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 35,000.- per orang sebagai biaya entrance. Turis yang ikut program tour medan murah tidak dibawa ke lokasi ini kecuali atas permintaan mereka sendiri.