Reader Comments

jam gadang bukittinggi

by Mr Paket Tour Medan (2019-08-29)


Bagi setiap orang yang telah sampai di jazirah Kota Bukittinggi tidak akan terasa sempurna sebelum dia menginjakkan kakinya di lokasi Jam Gadang, persis di titik nol kota Bukittinggi dekat dengan Pasar Atas, pusat perbelanjaan warga Kota Bukittinggi.

Selain sebagai objek wisata, Jam Gadang di Bukittinggi adalah ikon kota yang merupakan pertanda seseorang telah berada di Kota Bukittinggi. Bahkan banyak kelakar remaja yang mengatakan bahwa seseorang belum sampai di Bukitinggi sebelum tiba di area Jam Gadang. Jam Gadang ini sebenarnya tugu setinggi 36 meter yang berdiri teguh di tengah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Belakangan ini jagad maya, berseliweran foto dan video terkait objek wisata di kota Bukittinggi yang sudah direnovasi oleh pemerintah Kota Bukittinggi. Panorama di sekitar Jam Gadang kini sudah dilengkapi dengan air mancur yang dilengkapi dengan pencahayaan lampu warna-warni. Program city tour Bukittinggi tentulah semakin seru bagi wisatawan yang sedang mengikuti paket tour bukittinggi padang yang memang diidolakan oleh wisatawan yang datang dari dalam dan luar negeri.

Informasi terkini, setiap saat air mancur itu dilihat pada malam hari, maka akan terlihat air berwarna-warni di sekitar Jam Gadang.Berdasarkan informasi yang dilansir akun Kabar Minang, video air mancur yang viral di dunia maya itu adalah saat uji coba air menari di kawasan pedestrian Jam Gadang, Bukittinggi. Jadi tidak perlu lagi harus ke Kuala Lumpur untuk melihat lampu taman yang ada di halaman Kuala Lumpur Central City (KLCC) dekat menara kembar (twin tower) di jantung kota Kuala Lumpur.

Ujicoba air mancur menari setelah beberapa lama ditutup karena proses pembangunan itu dilakukan pada Jumat (14/12/2018) malam. Hadir dalam ujicoba itu Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta jajaran di pemerintahan. Proses revitalisasi kawasan Jam Gadang itu sebenarnya belum selesai sepenuhnya, karena ada beberapa bagian yang masih dalam proses pengerjaan. Sementara rencananya kawasan taman Revitalisasi Jam Gadang ini akan di buka dan diresmikan pada hari Kamis, 20 Desember 2018.

Ke depan kita berharap agar paket tour bukittinggi akan semakin berkibar dengan dilakukannya pembenahan-pembenahan tersebut khsususnya di destinasi wisata inti di Sumatera Barat. Sesuai dengan peruntukannya. taman ini menjadi ruang interaksi masyarakat baik pada hari kerja maupun pada hari libur. Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman dekat menara jam ini.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya bagian dalam menara jam setinggi 36 meter ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan tingkat teratas merupakan tempat penyimpanan bandul. Bandul tersebut sempat patah hingga harus diganti akibat gempa pada tahun 2007.

Jam gadang memiliki 4 jam dengan diameter masing-masing 80 cm pada Jam Gadang. Jam tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris. Mesin jam dan permukaan jam terletak pada satu tingkat di bawah tingkat paling atas. Pada bagian lonceng tertera pabrik pembuat jam yaitu Vortmann Relinghausen. Vortman adalah nama belakang pembuat jam, Benhard Vortmann, sedangkan Recklinghausen adalah nama kota di Jerman yang merupakan tempat diproduksinya mesin jam pada tahun 1892.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat serta Pemerintah Kota Bukittinggi semestinya terus menerus melakukan pembenahan dalam infrastruktur dan fasilitas pariwisata untuk perbaikan program paket wisata bukittinggi ke depan. Demikian juga insfastruktur yang terdapat di sekitar Kota Padang untuk meningkatkan fasilitas pelayanan dan destinasi wisata khususnya program paket tour padang di masa mendatang.