Reader Comments

Maulidan, sholawatan, tahlilan adalah tradisi islam di nusantara

by Fahri Muhammad (2018-10-12)



Tanya-Jawab Ilmiah sekitar peralatan Maulid Nabi
dlm diskursus ritual maulid Nabi tidak sedikit dr kalangan ikhwan yang sedang belum tahu mengenai sumber dalil yang mendasari bahwa maulid memang pekerjaan yg sesuai hukum sehingga perlu adanya kita menimbulkan dalil-dalil ilmiah dg konsep tanya-jawab lebih kurang maulid.



Tanya : Apakah maulid itu?

Jawab : Maulid diambil dr kata bahasa Arab walada-yalidu yang bermakna kelahiran, yaitu kelahiran baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun dlm pelaksanaannya, maulid merupakan gerakankeagamaan yang mengadung esensi warisan ayat suci al-Qur’an, disertakan kisah-kisah kurang lebih kehidupan Nabi Muhammad, dan di dlmnya terselip pujian dan shalawat dlm bentuk puisi Di akhir program terkadang sebagian orang menderma makanan untuk sesama.

Tanya : Siapakah orang yg perdana kali merayakan maulid?

Jawab : yang merayakan maulid pertama kali merupakan penguasa Kota Irbil, Mudzoffar Abu Said Kaukabari bin Zainuddin, seseorang raja terpuji dan pembesar yang dermawan. Ibnu Katsir sempat berkomentar tentangnya: dirinya lakukan maulid pd Rabiul awal dan memperingatinya dg meriah. dia sosok yang santun, perwira cerdik, dan benar semoga Allah merahmati ia (Hawi lil Fatawi, halaman 292)

Tanya : Apa wawasan mualim berkaitan maulid Nabi?

Jawab : ustaz Jalaluddin As-Suyuthi disaat ditanya elemen maulid dirinya menjawab scr eksplisit dg sebuah karya kitab yang dikasih nama Husnul Maqshad fi Amalil Maulid. bagi dirinya undang-undang bersumber maulid Nabi yang mana di dlmnya tersedia orang yang menyatakan ayat suci al-Qur’an dan hadits Nabi tentang pengarai Rasulullah, begitu semula ayat yang ada interaksi dg kabar kenabiannya. Dilanjutkan dg program ramah tamah, dulu bubar tdk lebih dr itu. Maka, itu yakni bid’ah hasanah dan pelakunya mewarisi pahala (Husnul Maqshad, halaman 251-252).

alim ulama Suyuti tengah bicara bahwa suatu disaat malim Ibnu Hajar ditanya menyangkut maulid, beliau menjawab, mulai sejak muasal amalan maulid (seperti yang ada ketika ini) yakni bid’ah, dan tdk sempat dinukil dr para salafus shalih, serempak dg aspek tersimpul terpendam amalan yg baik di dlmnya dan menjauhi amalan yg jelek Maka barangsiapa yg mengusahakan mengamalkan yang baik di dlmnya) dan menjauhi sedangkanmaka amalan ini hukumnya bid’ah hasanah, dan tdk demikian jk tetapi (Hawi lil Fatawi, halaman 282). dr dua komentar di atas terang bahwa merayakan maulid itu boleh selama tdk ada kemungkaran di dlmnya.

Ibnu Taimiah berpendapat, memulyakan hri kelahiran dan menjadikannya juga sebagai upacara musiman tlh tergarap oleh sebagian orang. dan menjadikannya memperoleh imbalan yg amat gede sebab bagusnya maksud dan memuliakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salllam kepala Halabiah Juz I, halaman 84-85).
Maulidan, sholawatan, tahlilan adalah tradisi islam di nusantara
Sayyid Zaini Dahlan mengemukakan merasa suka pd hari kelahiran Nabi termasuk sebahagian rahasia penghormatan kepd ia (Addurarus Saniyah, halaman 190).

Maulidan Sholawatan Tahlilan adalah etika Islam di Nusantara

Tanya : apakah ada mualim yang membentuk kitab tetang kebolehan maulid?

Jawab : Tentu sj, berikut di antara nama-nama ustaz beserta karyanya:

1. Husnul Maqshad fi Amalil Maulid ustaz jalaluddin As7Suyuthi)

2. Khulashatul kaul fi Ihtifal bi Maulidi Khairil Anam (Syekh Abdulloh bin Syekh Abubakar bin Salim)

3. Ihtifal bil Maulid (DR. Said Ramadhon Buthi)

4. Haulal Ihtifal bil Maulid Nabawi (Prof DR muhammad bin alwi almaliki)

5. Ihtifal bil Maulid Bainal Muayyidin wal Muaridlin (Abil Hasanain Abdulloh al-Husaini al-Makky), dan lain-lain.

Sementara kiai kawakan Hadits yang menyingkat histori Nabi dlm bentuk maulid teramat tidak sedikit di antaranya:

1. Al-Hafidz Abil Fida’ ibn Katsir (774 H; maulidnya ditahqiq DR. Sholahuddim Munjid)

2. Al-Hafidz Abil Fadhl Abdurrahim Al-Kurdi (806 H)

3. Al-Hafidz Abul Khair Muhammad As-Sakhowi (902 H)

4. Al-Hafidz abdurrohman ali assyibani (994 H; maulidnya yang ditahqiq Sayyid Muhammad al-Maliki)