ANALYSIS OF FINANCIAL PERFORMANCE AFFECTING MARKET SHARE OF SHARIA BANKING IN INDONESIA

Amalia Nasuha

Abstract


The trapped market share faced by sharia banking raises questions because the regulator's target is not achieved in projecting the market share. This study examines the effects of financial performance which includes the ROA, FDR, BOPO, NPF, and Conventional Commercial Bank Loans against the Sharia Banking market share in Indonesia. The data used are 108 monthly data from 2010 to 2018. The data was obtained from the publication of the Financial Services Authority of Islamic Banking Statistics and Indonesian Banking Statistics

Keywords


Market share, ROA, FDR, BOPO, NPF, Credit.

Full Text:

PDF

References


Al Arif, M Nur Rianto dan Yuke Rahmawati. 2019. Determinant Factors of Market Share: Evidence from the Indonesia Islamic Banking Industry. Problems and Perspectives Management, Proquest, Vol 16, 2018.

Aminah, dkk. 2019. Financial Performance and Market Share in Indonesia Islamic Banking : Shareholder Theory Perspective. International Journal of Scientific and Technology Resource Vol. 8, Issue 1, Januari 2019

Brigham, Eugene dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat.

Darminto, Dwi Prastowo dan Rifka Juliaty, 2005. Analisis Laporan Keuangan (Konsep dan Aplikasi). Yogyakarta: YKPN

Erlinda, Ribka. 2019. Markov Chains untuk Menganalisis Peluang Usaha (Studi Kasus : PT. Sumber Makmur). Undergraduate thesis, BINUS.

Fitriyani dan Nurdin. 2018. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kinerja Keuangan dan Aspek Teknologi terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia tahun 2011 s.d 2017

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffth, Rachel dan John Van Reenen. 1999. Market Share, Market Value, and Innovation in a Panel of British Manufacturing Firms. Review of Economic Studies, Vol 66, 2019.

Hasibuan, Malayu. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein, Umar. 2000. Riset Pemasaran dan Penilaian Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.

Ismail. 2011. Akuntansi Bank: Teori dan Aplikasi dalam Rupiah. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana.

Jaelani, Imam. 2017. Pengaruh Biaya Promosi, Harga Jual Terhadap Voume Penjualan dan Dampaknya Terhadap Pangsa Pasar (Studi Kasus Mitsubishi Colt Diesel FE74 HDV). Tesis, Universitas Negeri Jakarta

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ketujuh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Newstorm, Joh W., Davis, Keith. 2007. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta : Erlangga.

Otoritas Jasa Keuangan. 2019. Statistik Perbankan Indonesia, www.ojk.go.id. November 2019

Prastowo, Dwi, dan Rifka Julianty. 2005. Analisis Laporan Keuangan: Konesp dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Purboastuti, dkk. 2015. Pengaruh Indikator Utama Perbankan terhadap Pangsa Pasar Perbankan Syariah. Joural of Economics and Policy, Maret 2015.

Rahardja, Pratama dan Mandala Manurung. 2004. Uang, Perbankan, dan Ekonomi Moneter. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Rofiatun, Nurul Fatimah. 2016. Pengaruh Pangsa Pasar dan Indikator Perbankan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia, Journal of Islamic Economic Lariba (2016) Vol. 2, issue 1 : 13-24, Juni 2016

Rohman, Sani Noor dan Karsinah. 2016. Analisis Determinan Pangsa Pasar Bank Syariah dengan Kinerja Bank syariah di Indonesia Periode 2011-2016. Semarang: Ruang Jurnal Gedung L FE UNNES

Saputra, Bambang. 2014. Faktor-Faktor Keuangan yang Mempengaruhi Market Share Perbankan Syariah di Indonesia, Jurnal Akuntabilitas Vol. VII No. 2, Agustus 2014

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Satria, Dias dan Rangga Bagus Subekti. 2010. Determinasi Penyaluran Kredit Bank Umum di Indonesia Periode 2006-2009. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 14 No.3, September 2010.

Srimindarti, 2006. Balanced Scorecard Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Semarang: STIE Stikubank.

Sutrisno. 2003. Manajemen Keuangan, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Ekonosia.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi teori dan aplikasi, Edisi Pertama. Yogyakarta: KANISIUS.

Van Horne, James C. and John M. Wachowicz. 2005. Fundamentals of Financial: Management Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.